Monday, November 22, 2010

Pesona Danau Kamaka di Papua Barat


indonesia.travel
DI Teluk Triton, Kaimana, Papua Barat, ada sebuah danau yang mempesona. Keindahannya tidak kalah dengan Danau Toba yang lebih dulu terkenal. Ini dikarenakan akses menuju danau yang bernama Kamaka ini masih sedikit sulit. Meskipun begitu, berkunjung ke sini akan menjadi salah satu pengalaman yang mengesankan.

Danau Kamaka terletak di Desa Lomira. Danau ini mempunyai panjang sekitar 30 kilometer dan lebar sekitar 1 kilometer serta membentang dari desa Kamaka ke desa Sari. Oleh masyarakat setempat, danau ini juga disebut Danau Amafata.

Kamaka merupakan danau yang unik karena memiliki perbedaan ekstrim antara pasang rendah dan tinggi untuk jangka waktu 5-8 tahun. Selama air surut, masyarakat setempat biasanya menggunakan tanah di danau untuk menanam tanaman.

Selain panorama yang indah, Anda juga dapat melihat lobster besar di Danau Kamaka. Jika beruntung, Anda dapat menemukan rusa liar. Setelah berjalan-jalan, Anda juga dapat berenang di danau untuk menyegarkan tubuh.

Untuk berkeliling di danau ini, Anda harus mempunyai kondisi yang cukup baik karena akan memakan waktu lebih dari satu hari. Selain itu, Anda sebaiknya membawa pasokan makanan dari Kaimana karena persediaan terbatas di desa Kamaka.

Bila berencana mengunjungi Danau Kamaka, harus mengecek terlebih dahulu jadwal keberangkatan karena jadwal penerbangan dan kapal yang menuju Kaimana hanya ada pada hari tertentu dan dapat berubah setiap bulannya. Namun beberapa maskapai siap mengantar Anda ke Bandara Utarum di Kaimana.

Penerbangan tersedia dari bandara Sorong, yang akan transit di Fak-Fak dan kemudian menuju Kaimana selama sekitar satu setengah jam. Selain itu, Kapal Ciremai (dari Jakarta) dan Kapal Tatamailau (dari Manado) juga tersedia untuk membawa Anda ke Kaimana.

Dari Kaimana, transportasi laut adalah satu-satunya cara untuk pergi ke Desa Kamaka. Ada sebuah kapal milik pemerintah daerah yang berhenti di Kamaka tetapi hanya beroperasi tiga kali sebulan.

Atau, Anda dapat menyewa perahu panjang atau speedboat. Dari Pelabuhan Kaimana, ini akan memakan waktu sekitar 1,5-3 jam. Setibanya di Desa Kamaka Anda, Anda bisa berjalan sekitar 7 kilometer atau dua jam melalui hutan untuk mencapai Danau Kamaka.

Karena biaya untuk menyewa perahu panjang atau speedboat di Papua Barat cukup mahal, Anda sebaiknya mengunjungi Danau Kamaka secara berkelompok. Ini akan membantu mengurangi biaya transportasi yang mahal.(*/X-12)

No comments:

Post a Comment