Sunday, December 19, 2010

Indonesia di Ambang Juara

Indonesia memastikan tiket ke final AFF Suzuki Cup 2010 setelah menang agregat atas Filipina 2-0. 'Pasukan Garuda' selangkah lagi mencapai cita-citanya meraih gelar juara untuk kali pertama sejak ambil bagian pada 1996. Firman Utina dan kawan-kawan akan menghadapi Malaysia yang telah lebih dahulu melenggang ke partai pamungkas.

Pada leg kedua babak semifinal, Indonesia menekuk 'The Azkals' 1-0 melalui gol Cristian Gonzales menit ke-43. Tendangan gledek-nya mengecoh kiper Filipina yang juga bermain untuk klub Fulham, Neil Etheridge. Gonzales juga menjadi pahlawan kemenangan Indonesia pada leg pertama. Total sudah tiga gol yang berhasil dikemas striker berdarah Uruguay itu. Ia pun menjadi pencetak gol terbanyak sementara AFF Suzuki Cup 2010. "Saya tidak memikirkan topscorer, yang penting Indonesia menang," kata Gonzales.

Di pertandingan ini, pelatih Indonesia Alfred Riedl membangkucadangkan striker Irfan Bachdim. Pemain keturunan Belanda itu digantikan Yongki Ari Bowo. Sebaliknya, Arsitek Filipina Steven McMenemy tetap mempertahankan 11 pemain utamanya yang tampil saat leg pertama babak semifinal AFF Suzuki Cup 2010. Kehadiran Yongki membuat lini pertahanan Filipina bekerja ekstra keras. Striker Arema Indonesia itu memiliki kecepatan sehingga memaksa bek Filipina untuk lebih keluar.

Indonesia yang tampil menyerang sejak menit pertama membuat Filipina melakukan banyak pelanggaran. Pada babak pertama, tim lawan sudah mengemas tiga kartu kuning yaitu Ian Araneta (22'), Robert James Dazo Gier (36'), dan Christoper Greatwich (40'). Pelanggaran Greatwich sempat memancing kericuhan. Ia men-tackle gelandang bertahan Ahmad Bustomi kemudian menendangnya. Firman dan M Ridwan langsung mendekati Greatwich. Namun, pertikaian tidak berlarut-larut dan berhasil diredam.

Kartu kuning Indonesia diterima Hamka Hamsah pada babak kedua. Bek Persipura Jayapura itu mengangkat kaki terlalu tinggi saat berusaha menghalau bola. Filipina akhirnya bermain dengan 10 orang setelah Greatwich mendapat kartu kuning kedua. Ia melanggar kiper Markus Horison menit 85'. Saat injury time babak kedua, sempat terjadi saling dorong antara pemain Indonesia dengan Filipina. Wasit memberi dua kartu kuning untuk M Ridwan dan Bustomi.

Final akan berlangsung dengan sistem home and away, 26 dan 29 Desember mendatang. Indonesia akan lebih dahulu melakoni laga tandang di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Indonesia mengalahkan Malaysia pada babak penyisihan Grup A dengan skor 5-1. Skuat 'Merah Putih' pernah membungkam Malaysia 4-1 di Bukit Jalil pada babak semifinal Piala AFF 2004/2005. Itu membalas kekalahan saat bermain di kandang sendiri pada leg pertama.
Source : Media Indonesia

No comments:

Post a Comment